Rabu, 19 Juni 2013

Kata Pengantar

Halaman ini kami selenggarakan dengan maksud memberikan dukungan dan bagian dari upaya Lembaga Adat Roso Sejati guna mencapai maksud dan tujuannya juga sebagai sarana dukungan komunikasi warga , input , masukan , saran dan hal lainnya yang bertujuan menjadikan LEMBAGA ADAT ROSO SEJATI sebagai wadah bagi potensi-potensi masyarakat.
Sebagaimana di tetapkan dalam Anggaran Dasar Lembaga Adat Roso Sejati , Lembaga Adat Roso Sejati Bertujuan : Tujuan didirikan Lembaga Adat Roso Sejati (LARAS) adalah menjalankan Adat Roso Sejati dan membina serta mengarahkan masyarakat, agar mengerti adat istiadat agar menjadi insan yang bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti yang luhur, gemar saling tolong menolong kepada sesama, hidup rukun dan damai, adil dan sejahtera lahir dan batin.
dalam perjalanannya , Lembaga Adat Roso Sejati tentu tidak lepas dari upaya mendukung kelestarian kemajuan masyarakat dan budaya nusantara.

Dimana dalam pandangan kami , Pancasila sebagai falsafah Negara Kesatuan Republik Indonesia , adalah bentuk umum dari budaya masyarakat nusantara. Pancasila lah adat budaya bangsa kita secara nasional yang terangkai begitu indah dan sitematis , yang semestinya bila di budayakan dan di berdayakan dengan tulus ikhlas dari seluruh anak bangsa ini , akan menjadikan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang mampu memberi teladan bagi bangsa-bangsa lain.
maka , terlepas dari segala hal hiruk pikuknya permasalahan sosial yang kita hadapi saat ini , kami , Lembaga Adat Roso Sejati , tetap berupaya menjaga dan mengembangkan wawasan kebangsaan yang berazaskan Pancasila , dengan tidak menghilangkan dasar-dasar kita sebagai bangsa yang memiliki adat istiadat beraneka ragam.



Mari kita bangkit , maju dan mengisi perjalanan bangsa ini dengan menata diri Pribadi yang didasari Pancasila , selalu cinta kepada Tuhan Yang Maha Esa , dan tetap melestarikan adat istiadat dan budaya kita , menuju Indonesia Raya yang Berkibar dengan dukungan keteguhan Rakyatnya , dan kelak akan mewariskan negri berjaya dimata dunia kepada anak cucu kita. Kebesaran bangsa ini , tidak terlepas dari kerukunan diantara perbedaan - perbedaan yang ada dan telah tercipta sebagai bentuk kekuasaan Tuhan terhadap alam semesta , maka , jangan pernah tertipu dan menganggap perbedaan sebagai kelemahan, Jangan , jangan pernah mau tertipu , tapi , jagalah jati diri mu sebagai bagian dari sebuah bangsa besar yang saling rukun , tolong menolong dan gotong royong demi kemajuan bersama dan kemajuan berbangsa serta kejayaan bernegara. Syukurilah yang ada , karena semuanya adalah bagian , bagian dari satu rangkaian besar ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa , untuk kejayaan seluruh umat manusia di dunia.

Roso Sejati sebagai konseptual filsafat kebudayaan nusantara , dari masa lalu telah ada dan menciptakan pemimpin-pemimpin besar di tanah ini. Dan ada begitu banyak pemahaman , pengakuan dan bentuk-bentuk tatanan yang di dasari pada kearifan tersebut. Tapi satu kesimpulannya , siapun , dimanapun , kapan pun , orang yang memahami Roso sejati dan menjaga adat istiadat, adalah orang yang mampu memelihara dirinya dan mampu tumbuh dengan segala kesederhanaan serta kemandirian , yaitu sebagai orang yang mampu bersyukur kepada Tuhan atas apapun yang di terima dan apa pun yang terjadi. Kami menyatakan dukungan kepada segenap Bangsa Indonesia dan Bangsa - bangsa manapun di dunia , yang tetap mencintai dan melestarikan adat istiadat dan seni budaya nenek moyangnya sebagai bentuk cinta pada leluhur , baik sebagai perilaku umum maupun dalam bentuk adat atau budaya sebagai jalan Kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa , namun pada dasarnya , seluruhnya itu adalah demi keselarasan dan kesimbangan diantara keberagaman dalam rangkaian indah perjalanan kebudayaan manusia dan alam semesta.

Adat Roso Sejati yang di gali , di hayati dan di kembangkan oleh Sesembahan Singo Pranoto dari bentuk keharmonisan budaya nusantara sebagai jalan penataan manusia yang didasari pada kearifan budaya nusatara asli , telah menggagasi , mendukung dan memimpin sejumlah warga Adat Roso Sejati sejak Tahun 1977 , dan dengan keharmonisan indah yang tertata dengan dasar utamanya kecintaan kepada Tuhan Yang Maha Esa , menuju masyarakat yang cinta pada adat istiadat , gemar saling menolong , hidup saling rukun dan saling menghormati dan penuh rasa beryukur kepada Tuhan yang menjadikan bibit manusia nusatara yang senantiasa bersahaja , arif , bijaksana dan suka dengan kesederhanaan dan mandiri.
Memang dalam perjalanannya , tidak semulus kita membaca tulisan pengantar ini , tapi penuh perjuangan , keringat dan semangat tanpa henti , menghadapi orang-orang yang berpandangan sinis , menghina , memfitnah dan bermacam perihal ujian lainya demi mengembangkan kearifan adat budaya Roso sejati yang sepenuhnya , utuh , ikhlas demi kejayaan Pancasila dan bangsa indonesia agar kelak, anak cucu kita masih memiliki kesempatan untuk hidup diatas tanah Indonesia yang subur dengan semangat kebersamaannya , makmur dalam kemandirianya, indah dalam tatanan budi pekertinya ,dan rukun di tengah perbedaannya .

Salam Hormat Kami mengenang perjuangan seorang anak bangsa yang dalam kesederhanaannya berjuang demi bangsanya, Sesembahan Singo Pranoto (1946 - 2010). Kami bersyukur kepada Tuhan yang Maha Esa , ditengah carut marutnya bencana moralitas saat ini , tetap ada Pejuang yang dalam kesederhanaan dan kemandiriannya menegakkan kemulian Jati Diri Bangsa Indosesia.
Dan tak lepas permohonan Doa Kami Kepada Tuhan yang Maha Kuasa , semoga Jerih payah dan pengorbanan Sesembahan Singo Pranoto dalam menggali , mengembangkan dan memperjuangkan Adat Roso Sejati , menjadi Inspirasi bagi lahirnya segenap anak bangsa yang memperjuangkan kejayaan Bangsa Indonesia.
dengan pekik penuh semangat , mari kita teriakkan ,
M E R D E K A .....!!!!!
Komentar Facebook
0 Komentar Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar